Jumat, Desember 12, 2008

Kurban

Salah satu perintah, yang mengikuti sunnah Nabi Ibrahim dan Nabi Muhammad SAW adalah berkurban, khususnya bagi yang mampu.
Saya sendiri, dalam rangka mengikuti sunnah tersebut, juga melaksanakan kurban di tanah suci, yaitu pada hari tasriq pertama. Kebetulan ada seorang kenalan, muqimin di arab saudi yang membantu saya mencarikan hewan kurban di pasar hewan yang cukup raimai di daerah Syaukiah, Ka'kiah, sekitar 7 km dari Masjidil Haram.
Karena permintaan pasar yang meningkat, maka harga hewan qurban juga ikut naik, harga domba yang pada hari biasa 700 rial, pada hari itu mencapai 1300 rial. kabarnya, pada hari Idul Adha, sehari sebelumnya, malah lebih tinggi lagi.
Setelah berputar-putar sekitar satu jam, dan memperhitungkan 'kekuatan kantong' serta syarat-syart hewan kurban, akhirnya kami membeli seekor domba seharga 650 Riyal. Ditambah 50 riyal untuk biaya masuk tempat penyembelihan, 100 rial ongkos penyembelihan, pengulitan dan pencingcangan, + 10 riyal ongkos angkut domba dari tempat pembelian ke tempat penyembelihan.
Selanjutnya, daging tersebut dibagi-bagikan kepada teeman-teman warga Indonesia yang bekerja di Arab Saudi. Semoga haji ini menjadi haji yang mabrur, dan kurban yang maqbul, Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar