Sabtu, Desember 06, 2008

AL-HAJJ AL-ARAFAH

Rukun utama dari ibadah haji adalah wukuf di Arafah, demikian hadits Rasulullah SAW. sesuai dengan pengumuman dari Pemerintah Arab Saudi, pelaksanaan wukuf pada tanggal 9 Zulhijjah 1429 H bertepatan dengan hari Minggu, tanggal 7 Desember 2008.

Sebahagian teman-teman petugas, dan juga jamaah haji telah bertolak ke Arafah sejak pagi hari ini, tanggal 8 Zulhijjah, dan rombongan terakhir akan berangkat sebelum waktu dhuhur tanggal 9 Zulhijjah.

Bagi jamaah yang memiliki penyakit dengan resiko tinggi, akan diberangkatkan ke arafah setelah waktu ashar dalam suatu program yang disebut safari wukuf. mereka diampingi oleh petugas kesehatan yang khusus mengawasai dan merawat mereka.

di Arafah, dijadwalkan shalat dhuhur dan ashar secara jamak qashar, diikuti dengan khutbah wukuf. selanjutnya masing-masing jamaah haji melaksanakan ibadahnya masing-masing, baik berzikir, membaca al-Quran, berdoa, atau bahkan tidur juga dinilai ibadah. Namun setiap jamaah haji, baik laki-laki maupun perempuan harus menjaga pantangan-pantangan ihram selama berhaji, supaya hajinya mabrur dan pahalanya terpelihara.

jamaah akan bergerak ke Mudzdalifah menjelang sore, dan melaksanakan shalat magrib dan isya secara jamak qashar di sana.

Oya, bagi yang tidak berhaji, disunnahkan untuk berpuasa arafah pada tanggal 9 Zulhijjah, jangan lupa ya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar