Kamis, Juni 09, 2016

34 Tahun Sudah di Dunia, refleksi sederhana



 Hari ini usia saya sudah 34 tahun, menurut ukuran penanggalan masehi, sejak saya dilahirkan ke dunia ini oleh ibu saya.

Jika rata-rata jatah hidup di dunia adalah 60 tahun, maka sisa waktu yang saya miliki sebelum masuk ke alam barzakh adalah 26 tahun lagi.

Jika dalam hidup manusia rata-rata tidur 8 jam sehari, berarti saya tidur selama 97.920 jam atau lebih kurang selama 12 tahun.

Jika saya belajar atau membaca setiap harinya sekitar 1 jam, berarti waktu yang saya habiskan untuk memberi makan otak saya sekitar  12.240 jam atau lebih kurang 1,5 tahun saja.

Jika waktu saya untuk ibadah kira-kira 30 menit setiap harinya, berati hanya sekitar 6.000 jam atau lebih kurang hanya setengah tahun.

Jika saya bekerja efektif setiap harinya selama 2 jam, maka saya bekerja selama 24.000 jam atau sekitar tiga tahun saja.

Entahlah, sisa waktu yang ada saya gunakan untuk apa? Lebih kurang 18 tahun.

Jika setiap harinya saya menghabiskan 30.000 rupiah untuk makan, maka saya sudah menghabiskan makanan senilai 367.200.000 rupiah selama ini.

Jika penghasilan saya sejak usia 20 tahun rata-rata 50.000,- setiap hari, berarti 252.000.000,- yang saya peroleh dan habiskan selama 14 tahun.  Artinya saya masih berhutang makan pada orang tua saya kira-kira 115.200.000 rupiah, belum termasuk biaya pendidikan, pakaian dan kesehatan saya selama dalam perawatan mereka.

Hari ini saya hidup dengan satu istri dan dua orang anak, hanya Allah sajalah yang mencukupkan rezeki untuk kita semua.

Banda Aceh, 9 Juni 2016.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar